Laman

Senin, 17 September 2012

Curiousity, si robot penjalajah MARS




Curiousity adalah robot ketujuh yang dibuat NASA untuk menjelajahi planet MARS. Robot ini adalah robot tercanggih yang pernah dibuat, robot  menghabiskan uang USD 2,5 miliar untuk biaya pembuatannya. Misi utama dari robot ini adalah untuk menyelidiki apakah pernah ada kehidupan di planet Mars
            Curiosity beroperasi dengan daya nuklir. Ukurannya sebesar mobil berukuran kecil dilengkapi dengan perlengkapan penelitian yang sangat canggih. Daya nuklir ini membuatnya mampu beroperasi lama dengan teknologi canggih yang ditanamkan didalamnya. Curiosity berukuran lima kali lebih berat dibandingkan robot-robot yang dikirimkan NASA sebelumnya untuk menjelajahi Mars. Berat Curiousity sekitar 1 ton.
            Lengan Curiousity adalah instrument utama yang didukung dengan teknologi canggih seperti Alpha Particle X-Ray Spectrometer (APXS) dan Mars Hand Lens Imager (MAHLI).
            APXS yang dimiliki oleh Curiousity dapat menghancurkan area target dengan Particle Alpha lalu melakukan pemindaian (scan) melalui spectrum sinar-X pada area yang telah ditentukan.
            Selain itu lengannya juga dilengkapi dengan kemampuan imager mikroskopis untuk mempelajari bebatuan dan pasir. Kemampuan tersebut sekaligur mampu menyinari target dengann menggunakan kedua cahaya putih dan UV LED (Ultaraviolet Light Emitting Diode).
            Curiosity juga mempunyai bor di lengannya disertai juga laser dan laboratorium yang berfungi untuk mencium jika ada unsur-unsur pembangun kehidupan disana, seperti Nitrogen, Posfor, dan Oksigen. Curiousity juga dapat mendeteksi level radiasi dengan akurat. Level radiasi yang diukur oleh Curiousity ini akan dianalisis oleh NASA untuk menentukan seperti apa kondisi lingkungan yang dihadapi astronot jika suatu saat mereka mendarat disana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar